MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK DALAM HAL PERNIAGAAN ELEKTRONIK.

MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK DALAM HAL PERNIAGAAN ELEKTRONIK.

1. Perniagaan Elektronik

Beberapa orang mendefinisikan e – commerce dengan sangat sempit. Pengertian mereka yang sangat sempit hanya termasuk transaksi bisnis yang lengkapi dalam hal konsumen dan supliyer dengan menyambungkan computer mereka melewati jasa internet. Definisi yang sangat sempit tersebut hanya transaksi – transaksi seperti itu yang melewati atau melalui batasan – batasan atas firma atau perusahaan. Jika sebuah transaksi tetap pada batasan atau parameter atas firma atau paerusahaan orang – orang menyebutnya electronic business transaction. Menghilangkan pengertian transaksi internal melawan eksternal atau e commerce sangat tidak membantu karena pada umunya orang – orang menganggap perniagaan secara elektronik dan e – commerce sebagai hal yang sama.

Jika kita melihat lebih dalam tentang e – commerce hal itu dapat memfasilitasi operasional secara internal ataupun eksternal dari suatu perusahaan ataupun firma.

1.a E – Commerce Melebihi Batas Perusahaan

sangatlah berguna membedakan antara dua tipe e commerce yang terjadi dalam pengertian melewati batas perusahaan. Business –to-consumer (B2C) e – commerce transaksi bisnis dan konsumen akhir dari sebuah produk; business-to-consumers (B2C) transaksi sebuah bisnis yang mana tak ada dari salah satu yang menjadi konsumen akhir.

Contoh dalam rantai distribusi ke agen sampai ke toko pengecer sampai kekonsumen semua transaksi diartikan sebagai B2B dari pengecer ke konsumen B2C

1.b Antisipasi Keuntungan Dari E – Comemmerce

firma atau perusahaan yang terlibat dalam e – commerce supaya mencapai kemajuan melalui pengaturan. Perkembangan atau kemajuan diharapkan dapat menghasilkan keuntungan sebagai :

  1. meningkatkan pelayanan kepada konsumen sebelum, selama, penjualan
  2. meningkatkan hubungan antar supliyer dan komunitas financial
  3. meningkatkan laporan hasil ekonomi kepada investor dan pemegang saham

keunggulan – keunggulan tersebut menyumbangkan banyak kelebihan dalam hal stabilitas financial dan lebih mampu bersaing dalam dunia bisnis dengan menggunakan teknologi computer. Catatan bahwa peningkatan laba tidaklah tercantum dalam antisipasi keuntungan penggunaan e – commerce.

1.c Pemusatan E – Commerce

seperti halnya pada tahun 2004 departemen perdagangan USA 2,3% dari ¼ pengecer menggunakan system perdagangan e – commerce. Perusahaan hanya mengimplementasikan system tersebut menggunakan e – commerce terutama dalam transiksi dengan konsumen (90%) dan proses utama yang berhubungan order pembelian, invoice, pembayaran. Ketika mereka ditanyakan tentang kehati – hatian mereka antara lain : biaya tinggi, keamanan, belum tersedianya software yang mampu untuk memenuhi kebutuhan.

1.d Ruang Lingkup E – Commerce

Pada seksi ini bahwa e – commerce dinamis dan scope dari pengaruh e – commerce dapat berubah hanya dalam beberapa bulan. selama Tahun 2003 aktivitas ekonomi diUSA yang menggunakan e commerce mencapai $1,7Triliun. perkembangan tersebut telah mencapai kenaikan rata-rata pertahun 15% selama 5 tahun terakhir. Dari kenaikan ekonomi tersebut bervariasi dari industri 1 dengan industri yang lainnya tetapi sepertinya 94 % adalah B2B dan menyisakan 6% untuk B2C.

1.e Jalan menuju E – commerce

Rencana bisnis strategi mewujudkan komitmen untuk menggunakan e-commerce untuk mencapai keuntungan kompetitif :

a)      mengumpulkan intelijen bisnis sehingga dapat memahami peran potensial yang akan dimainkan tiap elemen lingkungan.

b)      membentuk suatu system antar organisasi melalui pertukaran data elektronik atau suatu ekstanet.

2. Intelijen Bisnis

Sebelum memulai bekerja dengan e-commerce, para manager harus mengenal hubungan perusahaan dengan para pelanggan, pesaing, penyalur, dan pihak luar lainnya. Intelijen bisnis adalah pengumpulan informasi tentang unsur-unsur  yang berhubungan dengan perusahaan.

2.a Database Eksternal

Perusahaan juga dapat menggunakan database komersial yang menyediakan informasi lingkungan sebagai ganti dari pengumpulan itu sendiri. Perusahaan menggunakan database karena lebih cepat dan lebih murah dibandingkan dengan mencari secara manual. Perusahaan menjadi lebih cenderung memulai pencarian eksternal mereka sendiri untuk intelijen pasar. pencarian eksternal dibantu oleh fakta bahwa kini semakin banyak perusahaan yang menempatkan informasi tentang diri mereka di dalam Web..

2.b Mesin Pencari

Mesin Pencari adalah program komputer khusus yang meminta pemakai memasukkan kata atau kumpulan kata yang ingin dicari. Program kemudian mencari isi situs-situs internet untuk melihat apakah kata atau kumpulan kata itu ada di situs tersebut. Lalu memperkirakan kegunaan situs yang mengandung kata itu dan menyajikan alamat situs internet dan dokumen yang mengadung kata pilihan itu.

Langkah pertama untuk mencapai perdagangan melalui jaringan elektronik adalah memperoleh pemahaman menyeluruh tentang lingkungan empat perdagangan itu akan dilakukan. Dapat dilakukan melalui cara-cara non computer (survey, pengamatan, percakapan informal, laporan lapangan, surat kabar, artikel, dll.)

3. Strategi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik

Untuk setiap masalah, ada beberapa kemungkinan solusi, dan situasi ini dapat diterapkan untuk masalah menentukan strtegi terbaik perdagangan melalui jaringan elektronik. Namun, strategi yang paling penting disebut adalah strategi yang elemen-elemennya dikaitkan dengan transmisi dan data elektronik (IOS & EDI).

4. System Antar Organisasi (IOS)

Kita telah mengenal bagaimana perusahaan dapat mendirikan jaringan elektronik dengan perusahaan lain dengan membuat system antar organisai (IOS). Jadi, semua perusahaan bekerja bersama sebagai unit yang terkoordinasi, menerima keuntungan yang tidak didapat ketika mengerjakannya sendiri. Perusahaan yang ikut IOS disebut mitra dagang, partner bisnis, atau perserikatan bisnis.

E – commerce adalah pokok dari system IOS. Pertukaran data luas yang cepat dan aman adalah cara yang kritis untuk menggunakan teknologi informasi untuk bersaing. E-commerce dan EDI adalah jalur cepat untuk IOS.

Keuntungan IOS

Para mitra dagang yang ikut didalam IOS berspekulasi dengan memperoleh manfaat tertentu. Manfaat terbagi menjadi 2, yaitu : efisiensi komparatif dan kekuatan tawar-menawar.

Efisiensi komparatif. Dengan bergabung dengan IOS, para mitra dagang dapat menyediakan barang dan jasa mereka dengan biaya yang lebih murah daripada para pesaing.

è  Efisiensi internal. Terdiri dari perbaikan-perbaikan dalam operasi perusahaan itu, sehingga memungkinkan perusahaan untuk megumpulakan data lebih cepat, menganalisisnya lebih cepat dan membuat keputusan lebih cepat.

è  Efisiensi antar-organisasi. Mencangkup perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerjasama dengan perusahaan-perusahaan lain. Perbaikan ini memungkinkan perusahaan itu menawarkan lebih banyak barang dan jasa, melayani banyak pelanggan, memindahkan pekerjaan tertentu ke pemasok dan pelanggan, serta lebih mudah engumpulkan data lingkungan.

Kekuatan tawar-menawar. Kemampuan suatu perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan pelanggannya yang menuntungkan dirimya. Kekuatan itu berasal dari 3 metode dasar.

1).      Keistimewaan produk yang unik. Hubungan elektronik IOS memungkinkan perusahaan menawarkan pelayanan yang lebih baik dari pelanggan dalam bentuk pemesanan yang lebih mudah, pengiriman yang lebih cepat, dan waktu atas permintaan yang lebih cepat.

2).      Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian. Ketika menjadi bagian dari IOS Perusahaan dapat mengurangi biaya ‘berbelanja’ yang dialami pelanggannya dalam mencari pemasok, mengidentifikasi produk alternative, dan mendapatkan harga terendah.

3).      Peningkatan biaya peralihan. Jika berpaling ke pesaing, maka harganya menjadi mahal.

Pengisian kembali persediaan oleh penjual. Penjual, atau pemasok dapat memulai proses pengisian dengan memantau secara elektronik tingkat persediaan perusahaan. Ini, mengharuskan perusahaan untuk memberikan database bagi pemasok. Ketika persediaan untuk suatu jenis barang mencapai titik pemesanan kembali, pemasok secara otomatis menciptakan pesanan pembelian dan memenuhi pesanan tersebut.

4.1 EDI

Adalah transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari computer-ke-komputer diantara beberapa perusahaan. Walaupun EDI termasuk teknologi lama, tetapi ini sangat penting, karena mayoritasnya adalah B2B e-commerce.

4.2 Ekstranet

Adalah pengertian lain dari mendirikan sebauah IOS. Ekstranet memungkinkan pembagian informasi berbasis computer yang sensitive dengan perusahaan lain dengan menggunakan teknologi yang umumnya diasosiasikan dengan internet.

Fire wall adalah perangkat lunak computer yang hanya mengijinkan akses oleh pemakai yang sah, umumnya memiliki nama pemakai dan kata sandi.

4.3 Mitra Bisnis Yang Proaktif Dan Reaktif

Ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk menggunakan IOS, itu dapat menjadi jalan yang proaktif ataupun reaktif. Sponsor IOS biasanya mengambil pendekatan proaktif, membangkitkan minat pada IOS dan mendorong partisipasi dalam jaringan.

4.4 Pengaruh Penerapan

Premkumar dan Ramamurthy meneliti 4 faktor yang menentukan apakah perusahaan akan proaktif atau reaktif

v  Tekanan persaingan, ketika perusahaan dalam keadaan yang lemah, atau dalam persaingan yang ketat, maka perusahaan tersebut akan mengadopsi IOS, misalnya EDI, untuk ‘kembali’

v  Kekuasaan yang dilaksanakan, ketika perusahaan dapat menggunakan kekuasaan pada anggota IOS. Beberapa perusahaan sangat berkuasa, sehingga mereka dapat meminta partner usaha mereka untuk menggunakan IOS, ataupun menjalnkan bisnis mereka ditempat lain.

v  Kebutuhan internal, ketika perusahaan melihat partisipan IOS sebagai cara untuk meningkatkan operasi. Ini akan mendekatkan IOS pada gaya proaktif.

v  Dukungan manajemen puncak, tidak memperdulikan bagaimana perusahaan bergerak dalam gaya proaktif ataupun reaktif, dukungan top manajer untuk mempengaruhi suatu keputusan. Ketika signifikansi keuntungan dari IOS tidak dirasakan, dukungan top manajemen kritis.

4.6  Manfaat IOS

Langsung :

a)      Mengurangi kesalahan, jika data yang masuk tidak harus diketik kedalam system, maka kesalahan pemasukan data dapat sangat berkurang.

b)      Mengurangi Biaya, dengan menghilangkan langkah-langakah yang berlebihan, menghapuskan dokumen-dokumen kerta, dan mengurangi tenaga manusia untuk mengantarkan semua dokumen kertas itu ke seluruh dunia.

c)      Meningkatkan efisiensi operasional, dengan menggantikan dokumen kertas dengan dokumen elektronik, banyak peluang untuk meningkatkan efisiensi.

Tidak langsung :

a         Meningkatkan kemampuan bersaing, kombinasi pengurangan biaya dan tampilan produk yang unik yang dimungkinkan oleh IOS membuat pesaing sulit menyamai produk dan pelayanan perusahaan.

b        Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang, karena suatu system formal, hubungan terbentuk secara alami, karena semua pekerja menyadari mereka bekerja untuk tujuan yang sama.

c         Meningkatkan pelayanan pelanggan, cepat tanggap permintaan pelanggan, sehingga umpan baliknyapun cepat.

5. Strategi B2C Untuk E – Commerce

Dua alasan mengapa barang dan jasa kini tersedia dalam bentuk pengiriman digital dan banyak pelanggan yang mengesampingkan keengganan mereka mengginakan web. Tingginya kecepatan komunikasi untuk computer dirumah, membuat pengiriman digital menjadi lebih mudah. Yang kedua, ketakutan akan pencurian data informasi, seperti informasi credit card.

6. Virtual vs Hybrid sales.

Kesulitan yang dihadapi oleh penjualan virtual adalah menyediakan informasi produk tanpa bertemu dengan pelanggan. Kesulitan yang lain adalah gambar yang memerlukan resolusi yang besar, membuat penelusuran pelanggan menjadi lambat. Tetapi semua masalah itu akan hilang dengan membatasi resolusi gambar sampai pelanggan berfokus pada beberapa pilihan mereka.

Pada toko fisik, pelanggan dibantu oleh pelayan tokonya. Beberapa pelanggan melakukan pendekatan pada pelayan toko, di internet, akan memberikan lebih dari itu.

Penjualan virtual digunakan paling sering ketika perusahaan tidak dapat membangun toko fisik atau pelanggan tidak menemukan toko fisik.

Penjualan hybrid seringkali disebut dengan operasi brick and click. Kebanyakan perusahaan mempunyai toko fisik karena dibutuhkan untuk perencanaan.

6.1 Pemerintahan Elektronik

Pemerintah dapat mengambil keputusan dari  e – commerce. Salah satu sampelnya adalah Polk Country di Florida. Sertifikat pajak adalah salah satu cara untuk memungut pajak kekayaan yang terbayar. Perorangan atau perusahaan mengadaikan kepemilikannnya ketika pembayaran pajak yang terlambat, pembayaran pajak, dan mengumpulkan pajak dari pemilik, plus sejumlah bunga untuk pajak yang dipunya.

Mengapa sangat penting? Khususnya, sedikit orang sadar akan membayar pajak, jadi mereka memberikan pendapatan yang sedikit untuk pemerintah. E – commerce dapat memberikan keuntungan untuk pemerintah sebaik publik dan organisasi pribadi.

7. LANGKAH SELANJUTNYA UNTUK E-COMMERCE

Banyak pelanggan lebih nyaman menggunakan ponsel daripada keyboard computer.

Mobile e – commerce.

Dengan menggunakan ponsel dan personal digital assistant (PDA) dengan menggunakan wireless e-commerce.

Penggunaan internet

ARPANET (advance research project agency) adalah teknologi yang memungkinkan untuk personil militer bertukar data dengan periset sipil mengenai data yang berhubungan dengan militer. Kini, ARPANET masih ada, malah bergabung dengan CSNET  dan NSFNET membentk internet.

World wide web

Ide awal, menggunakan hypertext –dokumen2 dalam bentuk elektronik yang saling dikaitkan dengan cara tertentu. Sejak WWW ada, bukan hanya hypertext, namun hypermedia, mengaitkan media-media seperti, audio, text, grafik, video, dll. WWW adalah ruang informasi di internet tempat dokumen-dokumen hypermedia disimpan dan dapat diambil melalui suatu skema alamat yang unik.

7.1 Syarat-Syarat Untuk Penggunaan Internet Yang Berhasil.

a)      Pastikan situs web dapat dikembangkan. Ketika berkomitmen pada suatu proyek web, maka bersiap untuk bergerak melampaui halaman dengan mengaitkan database.

b)      Pastikan browser dan struktur database anda fleksibel dan intuitif. Memungkinkan pertumbuhan dimasa depan dan memberikan akses yang cepat bagi pemakai.

c)      Tekankan isi. Jangan terperangkap dengan media yang lainnya, kalau bias tampilan, isi dengan media selaras.

d)     Sering diperbaharui.

e)      Lihat dengan kacamata pelanggan, gunakan internet untuk meningkatkan komunikasi dengan semua elemen lingkungan, kecuali pesaing.

f)       Arahkan isi untuk kebutuhan pemakai tertentu,

g)      Buat interface yang intuitif, membuatnya seefisien mungkin,  sedikit grafis, lebih baik, karena pengambilan akan lebih cepat

h)      Lokasi Web yang tepat, jika tidak banyak dikunjungi, kaitkan dengan situs lain yang terkenal.

i)        Ciptakan rasa kebersamaan, adakan kritik dan saran, keluhan, dsb. Gunakan tampilan web lainnya, seperti e-mail, dan bulletin board system.

j)        Dapatkan bantuan jika anda membutuhkannya, minta bantuan pada pihak ketiga, professional web.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: