Perkembangan E-Commerce

Perkembangan E-Commerce
Generasi 1:
Internet sebagai media promosi perusahaan melalui situs web atau brosur elektronis.
Perusahaan di Indonesia paling banyak berada pada tahapan ini.
Generasi 2:
Pengguna telah dapat melakukan pemesanan produk melalui internet (aplikasi E-Commerce). Namun deal-nya tetap membutuhkan manusia sebagai decision maker.
Contoh: I-2 Mall, Sanur Book Store, Plasa.com
Generasi 3:
Layanan informasi yang terintegrasi, secara otomatis tanpa intervensi manusia. Content juga bersifat personalized sesuai keinginan pengguna.

  • Informasi diakses menggunakan bermacam media, misalnya seluler (handphone).
  • Bisnis bergeser dari model bisnis konvensional
  • (brick and mortar) ð online model.

E-Commerce
merupakan peluang bagi para pengusaha khususnya pengusaha kecil dan menengah untuk menembus pasar global yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing ekonomi nasional.
Jenis-jenis E-COMMERCE antara lain :
1)      B2B (business to business) merupakan suatu jaringan yang menguhubungkan antara perusahaan dengan perusahaan yang lain melalui digital ekonomi
2)      B2C (business to customer) merupakan suatu jaringan yang menghubungkan perusahaan dengan customer untuk menyediakan suatu alat komunikasi bagi customer untuk menyampaikan pesanan akan suatu produk yang dihasilkan suatu perusahaan.
Keuntungan E-COMMERCE antara lain :
1)      Informasi hanya dipertukarkan dengan partner yang sudah dipercaya (trust), umunya sudah memilki hubungan yang sangat lama (relationship)
2)      Pertukaran data (data exchange) dapat dilakukan berulang-ulang, karena sesuai dengan format yang telah disepakati sehingga memudahkan pertukaran data.
3)      Salah satu pelaku mempunyai inisiatif untuk melakukan pertukaran data, sehingga tidak menunggu partner yang lain.
E-Commerce di Indonesia

  • Dari seluruh total pengguna Internet, yang pernah berbelanja (transaksi di internet) < 10 %.
  • Alasannya:
  • masalah keamanan dalam pembayaran (security)l  kekuatiran akan kualitas barang
  • budaya “shopping as a leisure” (lebih suka berbelanja secara langsung karena sekaligus rekreasi)
  • Jenis produk yang diminati di Indonesia:
  • buku
  • software/hardware komputer
  • elektronik
  • peralatan kantor/tulis
  • peralatan olahraga
  • pakaian

Contoh E-COMMERCE yang ada di Indonesia adalah perusahaan pakaian  yang menggunakan E-COMMERCE dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan ini menggunakan digital ekonomi untuk menghubungkan perusahaan dengan customer, dengan menyediakan fasilitas kepada customer untuk memilih berbagai jenis produk yang dihasilakan dihasilkan perusahaan antara lain : pakaian, jaket dan tas. Customer dapat memakai E-COMMERCE untuk memuaskan customer dengan menyediakan salah satu fasilitas yang dapat menghubungan customer denag perusahaan untuk memilih produk sesuai selera customer agar menciptakan customer value yang tinggi.
Proses produksi pembuatan produk Cosmic antara lain :
Bahan baku berupa kain polos yang dijadikan bahan dasar pembuatan produk dengan menggunakan supplier khusus yang telah dipercayakan untuk membuat kain dengan kualitas yang bisa bersaing dengan produk sejenis .
Bahan baku yang didapatkan dari supplier akan diproses lebih lanjut oleh perusahaan denagan menyediakan tenaga ahli penjahit, bahan-bahan pendukung ( warna buat baju ), dan sumber daya yang dibutuhkan untuk memproses bahan baku tersebut menjadi barang jadi yang siap dipasarkan dimasyarakat.
Pemasaran produk
Produk dijual tidak hanya melalui E-COMMERCE tetapi juga melalui cabang-cabang di counter-counter yang ada diberbagai kota di Indonesia khusunya di pulau jawa, karena cosmic memfokuskan penjualan produk mereka pada kalangan anak muda dan hanya di pulau jawa yang  memiliki prospek perkembangan yang signifikan.
Daerah pemasaran
Produk ini menggunakan dua cara pemasaran dengan menggunakan E-COMMERCE dan pendistribusian produk melalui counter. Jika pemasaran menggunakan E-COMMERCE maka sasaran operasionalnya adalah seluruh Indonesia dan jika melalui counter yang sudah ada di pulau jawa hanya masyarakat yang ada di pulau jawa.
Keutungan perusahaan cosmic menggunakan E-COMMERCE antara lain :
1)      jangkauan pemasarannya sangat luas
2)      penghematan sumber daya sesuai dengan kebutuhan perusahaan
3)      meningkatkan layanan yang dibutuhkan customer
4)      melalui E-COMMERCE customer dapat memesan sesuai dengan keinginan mereka, dengan adanya E-COMMERCE diharapkan customer value yang diharapkan perusahaan juga dapat meningkat.
5)      Menyediakan layanan konsumen yang dapat memfasilitasi atara perusahaan dengan customer untuk menyampaikan saran maupun kritik untuk membangun perusahaan lebih maju.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: